Senin, 08 Desember 2008

Masa Kadaluarsa Dapat Diduga Secara Matematik

Setiap produsen yang memproduksi makanan & minuman diwajibkan oleh pemerintah untuk mencantumkan masa kadaluarsa produknya pada kemasan. Hal ini diatur sangat jelas oleh pemerintah dalam UU No 69 Tahun 1999 mengenai Label dan Iklan Pangan. Ini artinya informasi masa kadaluarsa merupakan hal yang sangat penting untuk diketahui oleh konsumen. Konsumen sebagai rantai terakhir (end user) haruslah dilindungi dan diberikan informasi yang sejelas-jelasnya mengenai hal tersebut. Banyak produsen / perusahaan makanan & minuman yang mungkin masih belum mengetahui cara-cara penentuan masa kadaluarsa tersebut. Sebenarnya pendugaan masa kadaluarsa produk dapat diduga dengan cara matematik yang dihitung berdasarkan penurunan mutu produk dalam waktu tertentu. Ada beberapa metoda yang bisa diaplikasikan untuk menduga masa kadaluarsa tersebut. Salah satu metoda yang umum yang dipakai adalah metoda Accelerated Shelf Life Testing (ASLT) menggunakan Model Arrhenius.
Model ini umum digunakan untuk pendugaan masa kadaluarsa produk seperti snack, frozen food, minuman dalam kemasan (jus) dll. Secara prinsip metoda ini menggunakan perubahan suhu untuk melakukan pendugaan umur simpan. Secara sengaja produk disimpan dalam suhu yang berbeda dan secara periodik diteliti penurunan mutunya baik secara organoleptik maupun secara kimiawi. Hasil pengamatan secara periodik digunakan sebagai dasar untuk menduga masakadaluarsa secara matematik. Sehingga hasil akhirnya nanti dapat diperoleh suatu grafik regresi linier antara penurunan mutu produk dengan waktu penyimpanan.
Di CV. Intrafood Research Center kami menyediakan jasa untuk melakukan magang beserta trainingnya untuk pendugaan masa kadaluarsa tersebut. Kami menjalin partner dengan perusahaan di grup kami yang dapat digunakan sebagai tempat praktek magang untuk melakukan pendugaan umur simpan tersebut. Perusahaan partner kami memiliki tempat praktek yang ideal dilengkapi dengan sarana peralatan yang memadai dan memiliki pabrik yang sudah tersertifikasi ISO 22000 : 2005. Hal ini menjadikan nilai plus bagi rekan-rekan yang ingin magang ditempat kami. Selain kami juga menyediakan handout materi bersama dengan softcopy rumus untuk mengitung masakadaluarsa tersebut. Selain itu teman-teman dapat langsung praktek secara nyata dilapangan dan selepas mengikuti magang teman-teman dapat langsung mengaplikasikan di tempat kerja masing-masing.
Jadi bagi teman-teman yang tertarik dapat segera menghubungi kami di :
Telp : (021) 87951466
Fax : (021) 87951466
Up : Bp Ary Triyanto W / Ibu Sri Novianti

1 komentar:

  1. kadang bingung dengan kode-kode yang penulisannya g ada spasi jadi bingung mana bulan tanggal dan tahun kadaluarsanya kak... :D

    BalasHapus